Apa yang dimaksud dengan Alphabet Arab?

Apa itu Alphabet Arab?


Alphabet Arab

Alfabet Arab terdiri dari 28 huruf, bacaan dari kanan ke kiri. Tampak di bawah ini adalah bentuk dasar huruf dalam tabel alfabet Arab

Bahasa Arab tidak memiliki perbedaan kasus. Tidak ada huruf besar atau huruf kecil.

Bila dikombinasikan menjadi kata-kata, kebanyakan huruf saling berhubungan satu sama lain, dengan sedikit modifikasi pada bentuk huruf dasar (lihat lebih lanjut tentang ini di bawah).
 

Surat-surat itu semua konsonan, tapi tiga di antaranya juga mewakili vokal panjang.Selain huruf-huruf yang ditunjukkan di atas, ada tiga vokal pendek, yang ditambahkan sebagai tanda kecil di atas atau di bawah konsonan. Ada juga tanda lain, menandakan hal-hal seperti "vokal diam", "penggandaan konsonan", dll.









Bagaimana huruf Arab ditulis?

 Huruf-huruf pada tabel di atas, semuanya ditunjukkan dalam bentuk terisolasi  Alphabet Arab. Ini adalah bentuk dasar dan asli dari surat-surat itu.

Untuk menulis sepatah kata pun, kita perlu sedikit memodifikasi bentuk huruf yang terisolasi, sehingga memungkinkan mereka bergabung dengan Alphabet Arab di sebelah mereka.


Misalnya, ketika  Alphabet Arab kaaf memulai sebuah kata, kita menyebutnya sebagai bentuk "awal", dan sepertinya begini:

 
Ketika kaaf datang dari antara huruf pertama dan huruf terakhir, kami menyebutnya "tengah", dan seperti ini:

Bila kaaf adalah huruf terakhir dari kata tersebut, kami menyebutnya sebagai bentuk "akhir", dan seperti ini:
Mari sekarang coba dan bangun kata yang sederhana - kata kunci kataba. Kata ini berarti "menulis", dan terdiri dari  Alphabet Arab kaaf, taa 'dan baa'.





Untuk menulis kata kataba, kita kembali perlu menggunakan bentuk awal kaaf, tapi kali ini kita akan menambahkan "a" pendek - seperti huruf pendek - di atas kaaf:

Apa yang telah kita tulis sejauh ini, baca ka.Kita sekarang akan menambahkan huruf kedua, disebut taa '. Bentuk terisolasi taa 'ditunjukkan pada tabel  Alphabet Arab di atas. Ini ada di baris pertama, huruf ketiga dari kanan.

Kita butuh bentuk tengah taa 'untuk menghubungkannya dengan kaaf. Di bawah ini Anda bisa melihat bentuk tengah taa ', sebelum kita menghubungkannya dengan kaaf:

Setelah menghubungkan taa 'dengan kaaf, kami menambahkan "a" -vowel di atas taa' pendek:
Apa yang telah kita tulis sejauh ini, baca kata.

Kita sekarang akan menambahkan huruf ketiga, yang disebut baa '. 


Bentuk terisolasi baa 'ada di tabel  Alphabet Arab di atas. Ini ada di baris pertama, huruf kedua dari kanan.

Di bawah ini kita bisa melihat bentuk akhir baa ', sebelum kita menghubungkannya dengan taa':



Setelah menghubungkan baa 'dengan taa', kami menambahkan satu lagi "a" -vowel, kali ini di atas baa '.

Kata itu sekarang lengkap, dan baca kataba.

    
Bahasa Arab biasanya ditulis tidak teralokasikan, artinya teks itu ditulis tanpa vokal pendek. Vokal pendek sebagian besar ditambahkan dalam puisi dan teks untuk pelajar Arab (termasuk buku anak-anak).





    
Contoh paling menonjol dari teks vokal (lengkap dengan teks pendek) adalah Al-Qur'an.

    
Membaca teks yang tidak teralokasi dimungkinkan karena struktur gramatikal bahasa yang ketat. Seseorang yang memiliki pengetahuan tentang tata bahasa Arab tahu vokal mana yang seharusnya berada di tempat, saat membaca teks Arab yang tidak teralokasikan berdasarkan  Alphabet Arab.


Komentar